Pilkada Kota Padang Dua Putaran

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Padang, diyakini berlangsung dua putaran. Pasalnya, dari hasil sejumlah real count, Rabu malam(30/10), tidak ada pasangan yang memperoleh lebih dari 30 persen plus satu.

Dari hasil hitung lapangan di Posko Pemenangan PKS Mahyeldi-Emzalmi, pasangan petahana yang sekarang masih menjabat Wakil Walikota padang itu hanya memperoleh 29,56 persen. Di posisi kedua ditempati pasangan dari jalur independen Desri Ayunda-James Helyward dengan 19,24 persen. Disusul pasangan yang diusung koalisi Demokrat-PAN Muhammad. Ichlas El Qudsi- Januardi Sumka 14,85 persen.

Posisi Mahyeldi di 29 persen plus minus sejak perhitungan menit pertama sampai posisi 78 persen, stabil. Memang pada sore sempat naik menjadi 31 persen lebih, tapi kemudian perlahan turun lagi ke 29 persen plus minus. Ini menunjukkan, pendukung Mahyeldi memang solid.

Desri Ayunda yang melonjak ke posisi dua, menurut timnya bisa terjadi karena hasil debat di Padang TV dan TVRI Sumbar. "Debat di dua televisi lokal, menyebabkan elektabilitas Pak Des naik," kata tim suksesnya Indra Sakti Nauli, tadi malam.

Sementara itu, posisi Emma Yohanna-Wahyu Iramana Putra yang tak bergeser di jenjang lima, merupakan kebalikan dari hasil survei. Survei menempatkan dia posisi kedua.
Akan halnya Muhammad Ichlas El Qudsi yang diyakini bisa di posisi kedua, justru berada di posisi tiga. (zamrudtv.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar