Jembatan Kelok 9 Karya Anak Bangsa

Rental Mobil Padang - Jalan Kelok 9 yang memiliki 9 buah kelokan terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat sekitar 25 kilometer dari Kota Payakumbuh ke arah Pekanbaru.
Kelok 9 merupakan bagian ruas jalan Bukittinggi - Pekanbaru yang dibangun sejak masa kolonial tahun 1932. Ruas jalan ini dibangun dengan bentuk trase jalan berkelok 9 untuk mengatasi kontur jalan di pegunungan Bukit Barisan.

Jalan Nasional yang dibangun di atas jalan yang berkelok-kelok dan jurang yang dalam ini, sangat membahayakan bagi kendaraan yang melintas. Jalan ini sulit dilewati oleh kendaraan besar seperti trailer maupun truk gandeng, karena radius tikungan kurang dari 20 meter dan lebar perkerasan hanya 4,5 meter dan tidak bisa dilebarkan lagi karena kondisi alam.
jembatan kelok 9 sembilan

Setiap hari, Jalan Kelok 9 ini selalu dipadati kendaraan, terutama ketika hari libur. Dalam sehari, diperkirakan ada 10.000 unit kendaraan berlalu lalang di jalan ini akibatnya untuk masa mendatang tidak lagi mampu mengakomodasi kendaraan-kendaraan besar yang menggerakkan perekonomian wilayah tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka Kementrian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menggagas pembangunan Jembatan Kelok 9. Jembatan ini merupakan salah satu kegiatan Kementrian PU mendukung program MP3EI yang bertujuan meningkatkan akses menuju koridor Ekonomi Sumatra, mendorong pengembangan kawasan di wilayah Provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Riau, serta mendorong peningkatan daya saing wilayah.

Pembangunan Jembatan Kelok Sembilan dilakukan dengan pendekatan green construction, mengingat jembatan ini terletak di Kawasan Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Jembatan Kelok 9 terdiri dari 6 jembatan dengan panjang total 943 meter dan jalan penghubung sepanjang 2.089 meter.

Pekerjaan jembatan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Tahap pertama dilaksanakan tahun 2003-2011 dengan membangun 4 buah jembatan yaitu jembatan nomor 3,4,5 dan 6 sepanjang 699 meter, sedangkan tahap kedua dilaksanakan tahun 2012-2013 dengan membangun dua jembatan nomor 1 dan 2 sepanjang 244 meter.

Dengan jumlah jembatan yang banyak, jembatan kelok 9 merupakan jembatan yang sangat indah karena dibangun berkelok-kelok dengan ditopang pilar setinggi 60 meter diatas permukaan jalan di bawahnya.

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 31 Oktober 2013 seluruhnya dikerjakan oleh kontraktor dan tenaga ahli dari dalam negeri, sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Bangsa Indonesia.

Dari sisi kontruksi, Jembatan Kelok Sembilan terlihat unik dan seolah menyatu dengan lingkungan cagar alam. Dimulai dari bangunan atas (superstruktur), pilar, substruktur, hingga pondasinya dapat menjadi model pembelajaran bagi insinyur sipil di Tanah Air. Sementara dari sisi pengelolaan kawasan, di lokasi ini terjadi interaksi yang harmonis antara pengelola kawasan hutan lindung dan pengelola infrasturkutr transportasi.

"Ini benar-benar merupakan karya kebanggaan anak bangsa," kata Mentri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto.

Djoko Kirmanto menyatakan rasa bangganya atas keberhasilan pembangunan Jembatan Kelok Sembilan.

Sumber Media Cetak : Media Indonesia, 31 Oktober 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar