Sumbar Bakal Bangun Jalan Layang di Lembah Anai

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat berencana membangun jalan layang di kawasan Lembah Anai, Kota Padang Panjang. Pembangunan jalan itu untuk mengatasi seringnya kawasan itu macet karena longsor.

Kepala Dinas Prasjal Tarkim Sumatra Barat, Suprapto, menyebutkan, pembangunan diperkirakan dimulai tahun 2015. Jalan layang yang dibangun mirip dengan jalan layang di Kelok 9, Pangkalan Kabupaten 50 Kota. Untuk di Lembah Anai, jalan layang akan dibangun di dua titik, satu di sekitar Silaing dan satu lagi di kawasan Bukit Berbunga.

Menurut Suprato, pihaknya sudah mempresentasikan rencana pembangunan jalan layang di Kementerian Pekerjaan Umum RI. Sekarang pihaknya tinggal melakukan pendekatan ke Mentri Kehutanan, karena jalan layang yang akan dibangun masuk kawasan hutan lindung.

Dari perencanaan yang dibuat, pilar jembatan layang itu akan berada di dalam sungai. Masyarakat pengguna jalan pun akan merasa nyaman melintas di atasnya, karena jauh dari ancaman longsor. Sedangkan saat ini, badan jalan tepat berada di tebing bukit dan di sisi lainnya jurang menganga. (zamrudtv)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar